Migrasi dan Diaspora

Deskripsi

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang studi migrasi dan diaspora. Hal ini akan digunakan kelak pada saat melakukan penelitian skripsi atau penelitian tugas akhir. Mahasiswa belajar mengenai lingkup studi migrasi dan diaspora, merumuskan permasalahan, membuat hipotesa, dan menyusun persentasi untuk didiskusikan di kelas melalui kumpulan hasil etnografi migrasi teman-teman mahasiswa..

Materi Pembelajaran

  • Teori dan ruang lingkup kajian migrasi dan diaspora I
  • Teori dan ruang lingkup kajian migrasi dan diaspora II
  • Migrasi dan identitas
  • Perempuan dan migrasi
  • Migrasi, remitensi, dan relasi gender
  • Memahami migrasi, pembangunan, gender, dan relasi ekologi
  • Migrasi, transnasionalisme dan kekerabatan
  • Migrasi masa kolonial dan stereotip masyarakat dataran tinggi.
  • Konflik dan Integrasi dalam Diaspora
  • Migrasi dan Hak Asasi Manusia

Referensi

Pustaka Utama

  • Kleist, Nauja. Introduction: Studying hope and Uncertainty in African Migration. dalam Kleist, Nauja and Dorte Thorsen. 2017. Hope and Uncertainty in Contemporary African Migration. New York: Routledge.
  • Roberts, Jayde Lin. 2016. Mapping Chinese Rangoon: Place and Nation among the Sino-Burmese. Seattle: University of Washington Press. ,
  • Fransisco-Oscario Menchavez. 2018. The labor of Care: Filipina Migran/.ts and Transnational Families in the Digital Age. Urbana: University of Chicago Press.
  • Ong, Aihwa. 2003. Buddha is Hiding: Refugees, Citizenship, the New America. Berkeley: University of California Press.
  • Peluso, NL and Agus Budi Purwanto. 2017. The Remittance Forest: Turning Mobile Labor into Agrarian Capital. Singapore Journal of Tropical Geography. pg. 1-31.
  • Kadir, HA. 2016. Reconsidering the Cultural Geographies of State and non State Spaces. Jurnal Kawalu, Des. 2016, Indonesia, hal. 24-47.

Pustaka Pendukung

  • Hugo, G. J. (1982). Circular Migration in Indonesia. Population and Development Review, 8(1), 59
  • Brøgger, D. (2019). Urban diaspora space: Rural–urban migration and the production of unequal urban spaces. Geoforum, 102, 97–105.
  • Nicholas Van Hear & Robin Cohen (2017) Diasporas and conflict: distance, contiguity and spheres of engagement, Oxford Development Studies, 45:2, 171-184
  • Jolle Demmers (2002) Diaspora and Conflict: Locality, Long-Distance Nationalism, and Delocalisation of Conflict Dynamics, Javnost – The Public, 9:1, 85-96
  • Hebe Vessuri, Crises that mismatch canons in science: provincialization, transnationality, conviviality?, Tapuya: Latin American Science, Technology and Society, 10.1080/25729861.2019.1586193, 2, 1, (26-31), (2019).
  • Drzewiecka, J.A. (2017). Diaspora and Diasporic Identity. In The International Encyclopedia of Intercultural Communication, Y.Y. Kim (Ed.). https://doi.org/10.1002/9781118783665.ieicc0216

Sistem Penilaian

Matrik Penilaian

  • Aktivitas Partisipatif 50%
  • Tugas 10%
  • Quiz 10%
  • UTS 15%
  • UAS 15%

Peer-Assessment

Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.

  • Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
  • Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
  • Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
  • Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
  • Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
  • Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.

Umpan Balik Mahasiswa