Metode Penelitian Survei

Deskripsi

Metode pembelajaran mengacu kepada strategi pembelajaran aktif yang dilaksanakan dengan keterlibatan mahasiswa secara aktif dan saling berkolaborasi. Mahasiswa secara aktif mencari berbagai sumber referensi yang relevan, dosen sebagai fasilitator bersifat memberikan stimulus dan sebagai fasilitator pada saat proses perkuliahan. Adapun kegiatan perkuliahan dilaksanakan sebagai berikut: 1) Mahasiswa membuat topik penelitian secara individu, membuat sampel penelitian, menentukan variabel penelitian, melakukan validitas dan realibilitas data penelitian, 2) Membuat kuesioner, melakukan analisis data hasil kuesioner masing-masing, memasukkan data koding analisis ke software SPSS, kroscek data yang telah diinput dalam software SPSS, 3) praktikum individu sesuai metode penelitian survei dan topik yang dipilih oleh setiap mahasiswa.

Materi Pembelajaran

  • Pengantar dan Ruang Lingkup Metode penelitian survei
  • Topik penelitian survei dan variabel penelitian
  • Populasi dan sampel dalam metode penelitian survei
  • Landasan teori, kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis
  • Skala pengukuran dan instrumen penelitian
  • Teknik pengumpulan data
  • Teknik pengkodingan data
  • Teknik Analisis data
  • Statistik Deskriptif dan Inferensial
  • Statistik parametris dan non-parametris
  • Praktik SPSS
  • Teknik Penulisan Laporan Penelitian

Referensi

Pustaka Utama

  • Abdurrahm,an M., Muhidin, S. A., & Somantri, A. (2011). Dasar-Dasar Metode Statistika untuk Penelitian.. Pustaka Setia.
  • O’Dwyer, L. M. & Bernauer, J. A. (2016). Quantitative Research for the Qualitative Researcher. United States: SAGE Publication, Inc.
  • Singarimbun, M. & Effendi, S. (Ed.). (1981). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
  • Sofyan, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.
  • Stockemer, D. (2019). Quantitative Methods for the Social Sciences: A Practical Introduction with Examples in SPSS and Stata. Springer International Publishing.
  • Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sistem Penilaian

Attitude

  • Keaktifan 10%
  • Kuis 10%
  • Tugas terstruktur/presentasi 30%
  • UTS 25%
  • UAS 25%
  • Peer Assessment

Peer-Assessment

Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.

  • Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
  • Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
  • Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
  • Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
  • Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
  • Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.

Umpan Balik Mahasiswa