Antropologi Pembangunan
Sekilas
Kode Modul
ANT62113
Total SKS
3
Semester
IV
Frekuensi
Genap
Tipe
Perkuliahan
Kuota Kelas
30
Durasi
16 pertemuan
Beban Studi
119 jam
Tatap Muka
35 jam
Mandiri
42 jam
Biografi
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang studi Antropologi Pembangunan. Hal ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa antropologi budaya tentang konsep-konsep dasar antropologi pembangunan, serta mendorong mereka untuk menerapkan pendekatan antropologis dalam memahami dinamika pembangunan di Indonesia.
Materi Pembelajaran
- Pengantar antropologi pembangunan
- Teori pembangunan
- Analisis wacana pembangunan
- Pembentukan subjek pembangunan/Governmentality
- Pembangunan dan pengetahuan indigenous
- Keberlanjutan lingkungan dalam pembangunan
- Kemiskinan
- Konflik sosial
- Gender
- Kontestasi SDA
- Infrastrktur dan pembangunan
- Partisipasi masyarakat dalam pembangunan
Referensi
Pustaka Utama
- Escobar, A. (1995). Encountering Development: The Making and Unmaking of the Third World.
- Ferguson, J. (1994). The Anti-Politics Machine: “Development,” Depoliticization, and Bureaucratic Power in Lesotho.
- Hobsbawm, E., & Ranger, T. (Eds.). (1983). The Invention of Tradition.Peluso, N. L., & Watts, M. (Eds.). (2001). Violent Environments.
- Kabeer, N. (2005). Gender Equality and Women’s Empowerment: A Critical Analysis of the Third Millennium Development Goal.
- Pretty, J. (1995). Participatory Learning for Sustainable Agriculture.
- Easterly, W. (2001). The Elusive Quest for Growth: Economists’ Adventures and Misadventures in the Tropics.
- Sachs, J. (2005). The End of Poverty: Economic Possibilities for Our Time.
- Sen, A. (2001). Development as Freedom.
- Farmer, P. (2005). Pathologies of Power: Health, Human Rights, and the New War on the Poor.
- Castles, S., et al. (2013). Migration and Development: Perspectives from the South.
- Davis, M. (2006). Planet of Slums.11. Banerjee, A., & Duflo, E. (2011). Poor Economics: A Radical Rethinking of the Way to Fight Global Poverty.
- Cornwall, A., & Eade, D. (Eds.). (2010). Deconstructing Development Discourse: Buzzwords and Fuzzword
Sistem Penilaian
Matrik Penilaian
- Aktivitas partisipatif 50%
- Tugas 10%
- Quiz 10%
- UTS 15%
- UAS 15%
- Peer-Assessment
Peer-Assessment
Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.
- Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
- Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
- Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
- Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
- Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
- Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.