Teori-teori Antropologi
Sekilas
Kode Modul
ANT61148
Total SKS
3
Semester
III
Frekuensi
Ganjil
Tipe
Perkuliahan
Kuota Kelas
35
Durasi
16 pertemuan
Beban Studi
119 jam
Tatap Muka
35 jam
Mandiri
42 jam
Deskripsi
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep manusia dan kebudayaan Indonesia dalam proses pembentukan keanekaragamannya dan proses akulturasi kebudayaan Indonesia serta perkembanganya dalam rangka membangun kesadaran tentang nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.
Materi Pembelajaran
- Memahami kajian antropologi di tengah ketidak pastina dunia
- Memahami perbedaan antropologi dan persamaannya dnegan kajian sastra, dan sains.
- Menempatkan kajian antropologi sebagai studi yang menekankan empirisisme, empati dan solidaritas.
Referensi
Pustaka Utama
- Pandian Anand. 2019. A Possible Anthropology : Methods for Uneasy Times. Durham: Duke University Press.
- Gillian Tett. 2022. Anthro-Vision : A New Way to See in Business and Life. AVID READER PR.
Knowledge
- Ingold Tim. 2018. Anthropology : Why It Matters. Cambridge UK: Polity Press.
Sistem Penilaian
Matrik Penilaian
- Keaktifan 15%
- Tugas 20%
- Kuis 10%
- Presentasi 25%
- UTS 15%
- UAS 15%
Peer-Assessment
Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.
- Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
- Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
- Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
- Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
- Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
- Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.
Umpan Balik Mahasiswa
![](https://antropologi-fib.ub.ac.id/wp-content/uploads/2024/03/Course-Questionnaire-Survey-Result_page-0029-e1711770032518-1024x558.jpg)