Menulis Kreatif

Deskripsi

Mata kuliah menulis kreatif merupakan mata kuliah untuk mengasah kemampuan baik secara konseptual maupun praktik dalam menyusun karya tulis yang ilmiah dalam gaya tulisan yang populer seperti essai foto, features, opini dan lain sebagainya. Mata kuliah menulis kreatif diharapkan menjadi sarana pembelajaran mahasiswa dalam mengasah keterampilannya untuk menyampaikan ide-ide/gagasan dalam bentuk komunikasi tulis yang ilmiah populer. Komunikasi tulis yang popular ini didasarkan pada penggunaan bahasa Indonesia dengan ragam ilmiah dan menaati ejaan bahasa Indonesia dan aturan-aturan penulisan berdasarkan selingkung suatu lembaga/media. Melalui pembelajaran ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan menulisnya secara mandiri melalui pendekatan proses-genre dengan memanfaatkan keterampilan literasi digital. Mata kuliah ini meliputi kajian tentang perencanaan tulisan (pra menulis), pelaksanaan tulisan, dan evaluasi tulisan (pascamenulis).

Materi Pembelajaran

  • lmu etika dalam menulis
  • Menulis paragraf dan kalimat runtut secara efektif
  • Menyusun suatu tulisan mulai dari penentuan topik/tema, kerangka, hingga penyuntingan
  • Resensi dan Refleksi

Referensi

Pustaka Utama

  • H. Dalman. 2015. Penulisan Populer. Publisher: Jakarta: Rajawali Press Grafindo Persada
  • Kalidjernih, Freddy K. 2011. Penulisan Akademik: Esai, Makalah, Artikel Jurnal Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Widya Aksara Press.
  • Akhadiah, Sabarti., Maidar G. Arsjad & Sakura H. Ridwan. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • Dahlan, Muhidin M. (2016). Inilah Esai: Tangkas Menulis Bersama Para Pesohor. Penerbit: I:BOEKOE, Yogyakarta.
  • Istiana, Purwani dan Purwoko. (2016). Panduan Anti Plagiarisme. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada
  • Komaidi, Didik. (2017). Panduan Lengkap Menulis Kreatif Proses Keterampilan dan Profesi. Yogyakarta: Araska
  • Nurgiyantoro, Burhan., Widyastuti Purbani & Sutiyono. (2014). Buku Saku Panduan Anti Plagiarisme. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta
  • Supriyadi. (2018). Keterampilan Dasar Menulis.Tidak diterbitkan.
  • Menulis Berita dan Feature. (2008). Unesa University Press
    http://eprints.upnjatim.ac.id/3071/2/Menulis_berita_dan_features_edit.pdf
  • Suyanto & Asep Jihad. (2016). Betapa Mudah Menyusun Tulisan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • Anwar, H. Rosihan. (2004). Bahasa Jurnalistik Indonesia dan Komposisi. Yogyakarta: Media
    Abadi.
  • Sudarman, Paryati. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Sudaryanto. (2010). Menguangkan Ide: Kaya dengan Menulis Artikel. Yogyakarta: Leutika

Sistem Penilaian

Matrik Penilaian

  • Sikap 5 %
  • Tugas 10%
  • Hasil Proyek 50%
  • Quis 5%
  • UTS 15 %
  • UAS 15 %

Peer-Assessment

Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.

  • Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
  • Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
  • Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
  • Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
  • Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
  • Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.

Umpan Balik Mahasiswa