Pluralisme dan Multikulturalisme

Deskripsi

Setelah menempuh matakuliah Etika Profesi, mahasiswa dapat memahami, menerapkan konsep dan prinsip-prinsip kode etik dalam masyarakat.

Materi Pembelajaran

  • Pluralisme Agama dan dinamikanya
  • Pluralisme Kewargaan dengan segala dinamikanya
  • Pluralisme Budaya dengan segala dinamika perkembangannya”

Referensi

Pustaka Utama

  • Tarmizi Taher, Basofi Sudirman, 1997. HAM dan Pluralisme Agama, Pusat Kajian Strategi dan Kebijakan: Jakarta
  • Zainal Abidin Bagir, dkk, 2011. Pluralisme Kewargaan: Arah Baru Politik Keragaman di Indoensia, Mizan: Bandung
  • Komaruddin Hidayat, 1998. Passing Over: Melintasi Batas Agama, Gramedia: Jakarta

Pustaka Pendukung

  • Viktor I. Tanja, 1998. Pluralisme Agama dan Problema Sosial: Diskursus Teologis tentang Isu-isu Kontemporer, Penerbit CIDESINDO: Jakarta, p. 3-12
  • Passing Over: Melintasi Batas Agama, Gramedia: Jakarta
  • I. Bambang Sugiharto, 2017. Pluralisme, Multikulturalisme, dan Batas-batas Toleransi, PS Antropologi FIB-UB, p. 1- 4
  • Hipolitus Kristoforus Kewuel, 2018. Indonesia sebagai Ruang Imajinasi, PS Antropologi FIB-UB: Malang, p. 15-27
  • Zainal Abidin Bagir, dkk, 2011. Pluralisme Kewargaan: Arah Baru Politik Keragaman di Indoensia, Mizan: Bandung
  • M. Ainul Yaqin, 2005. Pendidikan Multikultural untuk Demokrasi dan Keadilan, Pila Media: Yogyakarta

Sistem Penilaian

Matrik Penilaian

  • Aktivitas Partisipatif 10 %
  • Project based 40%
  • Quis 10%
  • UTS 20 %
  • UAS 20 %

Peer-Assessment

Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.

  • Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
  • Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
  • Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
  • Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
  • Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
  • Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.

Umpan Balik Mahasiswa