Pendidikan Pancasila
Sekilas
Kode Modul
MPK60008
Total SKS
2
Semester
I
Frekuensi
Ganjil
Tipe
Perkuliahan
Kuota Kelas
30
Durasi
16 pertemuan
Beban Studi
90 jam
Tatap Muka
27 jam
Mandiri
63 jam
Deskripsi
Mata kuliah ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Wajib Kurikulum atau Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda bangsa.
Penanaman nilai-nilai Pancasila dilakukan melalui substansi dan teknis perkuliahan. Perkuliahan menekankan pada kedalaman pengetahuan tentang Pancasila dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Mata kuliah ini bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa pada kemampuan untuk menganalisis, mengkritisi, dan mengkonstruksi realitas dalam konteks lokal maupun global, berdasarkan nilai-nilai Pancasila. Mahasiswa dianggap berhasil menyelesaikan perkuliahan ini apabila mampu memahami pentingnya implementasi Pancasila dalam kebijakan, program, maupun isu-isu sosial yang sedang terjadi, baik dalam lingkup lokal maupun global.
Materi Pembelajaran
- Pancasila dalam Kajian Sejarah: Era Pra-Kemerdekaan, Era Orde Lama, Era Orde Baru, Era Reformasi. 2. Pancasila sebagai Sistem Filsafat: Pengertian Filsafat Pancasila, Hakikat Sila- Sila Pancasila, Aktualisasi Filsafat Pancasila.
- Pancasila sebagai Ideologi: Pengertian dan Makna Ideologi, Pancasila dan Ideologi Dunia, Pancasila dan Agama
- Pancasila sebagai Dasar Negara: Pengertian dan Kedudukan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, Penjabaran Pancasila dalam Pasal-Pasal UUD NRI Tahun 1945, Implementasi Pancasila dalam Pembuatan Kebijakan Negara dalam Bidang Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Hankam.
- Pancasila sebagai Sistem Etika: Pengertian Etika, Etika Pancasila, Nilai-Nilai Etis Pancasila (Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan,Kerakyatan dan Keadilan), Pancasila sebagai Solusi Problem Bangsa.
- Pancasila sebagai Landasan Nilai Pengembangan Ilmu: Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bebas Nilai dan Tidak Bebas Nilai dalam perkembangan/inovasi IPTEK, Nilai-nilai Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu dan teknologi.
Referensi
Pustaka Utama
- Tim Dosen Pancasila MPK UB, 2019, Buku Ajar Pendidikan Pancasila
- Dikti, 2016, Buku Pendidikan Pancasila.
Pustaka Pendukung
- Tim Dosen Pancasila MPK UB, 2019, Buku Ajar Pendidikan Pancasila. 2. Dikti, 2016, Buku Pendidikan Pancasila. Pendukung 1. Kaelan, 2009, Filsafat Pancasila: Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Yogyakarta: Paradigma.
- Hariyono, 2014, Ideologi Pancasila, Roh Progresif Nasionalisme Indonesia, Malang: Intrans.
- Kaelan, 2013, Negara Kebangsaan Pancasila, Yogyakarta: Paradigma.
- Yudi Latief, 2011, Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila, Jakarta: Gramedia.
- Yudi Latief, 2014, Mata Air Keteladanan: Pancasila dalam Perbuatan, Bandung: Mizan.
Sistem Penilaian
Matrik Penilaian
- Tugas/Kuis 10%
- UTS 20%
- UAS 20%
- Project 50%
Umpan Balik Mahasiswa
![](https://antropologi-fib.ub.ac.id/wp-content/uploads/2024/03/Course-Questionnaire-Survey-Result_page-0043-edited.jpg)