Creative Writing

Description

Mata kuliah menulis kreatif merupakan mata kuliah untuk mengasah kemampuan baik secara konseptual maupun praktik dalam menyusun karya tulis yang ilmiah dalam gaya tulisan yang populer seperti essai foto, features, opini dan lain sebagainya. Mata kuliah menulis kreatif diharapkan menjadi sarana pembelajaran mahasiswa dalam mengasah keterampilannya untuk menyampaikan ide-ide/gagasan dalam bentuk komunikasi tulis yang ilmiah populer. Komunikasi tulis yang popular ini didasarkan pada penggunaan bahasa Indonesia dengan ragam ilmiah dan menaati ejaan bahasa Indonesia dan aturan-aturan penulisan berdasarkan selingkung suatu lembaga/media. Melalui pembelajaran ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan menulisnya secara mandiri melalui pendekatan proses-genre dengan memanfaatkan keterampilan literasi digital. Mata kuliah ini meliputi kajian tentang perencanaan tulisan (pra menulis), pelaksanaan tulisan, dan evaluasi tulisan (pascamenulis).

Course Content

  • lmu etika dalam menulis
  • Menulis paragraf dan kalimat runtut secara efektif
  • Menyusun suatu tulisan mulai dari penentuan topik/tema, kerangka, hingga penyuntingan
  • Resensi dan Refleksi

Reference

Primary Literature

  • H. Dalman. 2015. Penulisan Populer. Publisher: Jakarta: Rajawali Press Grafindo Persada
  • Kalidjernih, Freddy K. 2011. Penulisan Akademik: Esai, Makalah, Artikel Jurnal Ilmiah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Widya Aksara Press.
  • Akhadiah, Sabarti., Maidar G. Arsjad & Sakura H. Ridwan. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • Dahlan, Muhidin M. (2016). Inilah Esai: Tangkas Menulis Bersama Para Pesohor. Penerbit: I:BOEKOE, Yogyakarta.
  • Istiana, Purwani dan Purwoko. (2016). Panduan Anti Plagiarisme. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada
  • Komaidi, Didik. (2017). Panduan Lengkap Menulis Kreatif Proses Keterampilan dan Profesi. Yogyakarta: Araska
  • Nurgiyantoro, Burhan., Widyastuti Purbani & Sutiyono. (2014). Buku Saku Panduan Anti Plagiarisme. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta
  • Supriyadi. (2018). Keterampilan Dasar Menulis.Tidak diterbitkan.
  • Menulis Berita dan Feature. (2008). Unesa University Press
    http://eprints.upnjatim.ac.id/3071/2/Menulis_berita_dan_features_edit.pdf
  • Suyanto & Asep Jihad. (2016). Betapa Mudah Menyusun Tulisan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  • Anwar, H. Rosihan. (2004). Bahasa Jurnalistik Indonesia dan Komposisi. Yogyakarta: Media
    Abadi.
  • Sudarman, Paryati. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Sudaryanto. (2010). Menguangkan Ide: Kaya dengan Menulis Artikel. Yogyakarta: Leutika

Assessment System

Assessment Matrix

  • Sikap 5 %
  • Assignment 10%
  • Project Result 50%
  • Quis 5%
  • Midterm Exam 15%
  • Final Term 15%

Peer-Assessment

The percentage of student contribution is taken from the score given by group members to other group members (peer-assessment) regarding the contribution in the process of working on the task from beginning to end.

  • Score 100% if the assessed member fully participates from start to finish
  • Score 75% if the assessed member participates actively, although sometimes less involved
  • Score 50% if the assessed member participates, although often not involved
  • Score 25% if the assessed member only appears at the beginning/middle/end only
  • Score 0% if the assessed member is not involved at all
  • The student contribution percentage score is the total number of peer-assessments divided by the number of group members who were assessed

Students Feedback