Dinamika Warisan Budaya

Deskripsi

Studi Dinamika Warisan Budaya adalah pemeriksaan kritis fenomena kebijakan politis di ranah Dinamika Warisan Budaya yang terbentuk dari adanya undang-undang dan ratifikasi pemerintah Indonesia atas kebijakan pembamgunan berdasarkan pada kebudyaan. Metode pembelajaran mengacu kepada strategi pembelajaran project base learning yang dilaksanakan dengan mahasiswa menemukan isu kritis yang berkaitan dengan fenomena budaya yang ada dalam ranah Dinamika Warisan Budaya, mengumpul dan menganalisis temuan data kemudian dipresentasikan. Dosen sebagai fasilitator bersifat memberikan stimulus, sebagai fasilitator pada saat proses perkuliahan dan memberikan review serta penguatan materi.
Kelas ini dirancang sebagai kelas Research Based Learning – setiap pertemuan pasca UTS mahasiswa akan bergiliran secara kelompok mempresentasikan perkembangan dari projek mereka. Dosen akan menuntun jalannya diskusi dan arah dari projek untuk dijadikan bahan belajar bersama dalam membuat analisis dan menyusun laporan.

Materi Pembelajaran

  • Kajian Dinamika Warisan Budaya sebagai salah satu bidang studi
  • Pemaparan tentang Isu-isu dalam Kajian Dinamika Warisan Budaya
  • Membahas beberapa artikel perspektif Dinamika Warisan Budaya

Referensi

Pustaka Utama

  • Concerning The Protection Of The World Cultural And Natural Heritage. Unesco.1972
  • UNESCO. 2006. Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity Proclamations 2001, 2003 and 2005. UNESCO
  • Folarin Shyllon. 2016. “Cultural Heritage and Intellectual Property: Convergence, Divergence, and Interface”. dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell
  • Reeves and Plets. 2016. “Cultural Heritage as a Strategy for Social Needs and Community Identity”. dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell
  • Hobsbawm.1983. Introduction : Inventing Tradition. dalam Hobsbawm and Ranger (ed), The Invention of Tradition. UK : Cambride
  • Brenda Trofanenko .2016. “Valuing the Past, or, Untangling the Social, Political, and Economic Importance of Cultural Heritage Sites” dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell
  • Silverman, Helaine and Hallett, Richard W. “Cultural Heritage under the Gaze of International Tourism Marketing Campaigns”. dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell
  • John Muke , Tim Denham & Vagi Genorupa .2007. “Nominating and managing a World Heritage Site in the highlands of Papua New Guinea”. dalam World Archaeology, 39:3, 324-338 http://dx.doi.org/10.1080/00438240701464947
  • Demossier ,Marion 2016. “The Politics of Heritage in the Land of Food and Wine”. dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell
  • Smith, Anita. 2016. “(Re)visioning the Ma’ohi Landscape of Marae Taputapuatea, French Polynesia: World Heritage and Indigenous Knowledge Systems in the Pacific Islands”. dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell
  • Omar I., Wardaya D. & Djojomartono P. N. 2009. “The Role Of Land Rights In Urban Heritage Management – The Explanatory Power Of Institutional Economics Analysis In The Reconstruction Of Cultural Heritage Of Kotagede Yogyakarta, Indonesia’s Post Earthquake”
  • Landry, Timothy R. 2011 . “Touring the Slave Route: Inaccurate Authenticities in Bénin, West Africa”. dalam Silverman (Ed) Contested Cultural Heritage Religion, Nationalism, Erasure, and Exclusion in a Global World. London : Springer
  • Cheng, Edmund W. Anthony H. F. Li Shu-Yun Ma. 2013. “Resistance, Engagement, And Heritage Conservation By Voluntary Sector: The Case Of Penang In Malaysia”
  • Isakhan ,Benjamin.2016. “Heritage Under Fire: Lessons from Iraq for Cultural Property Protection” dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell
  • Manhart, Christian. 2016. “The Intentional Destruction of Heritage: Bamiyan and Timbuktu” dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell
  • Vileikis,Ona. “Achieving Dialogue through Transnational World Heritage Nomination: The Case of the Silk Roads”. dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell
  • Meskell, Lynn . “Heritage and Cosmopolitanism”. dalam Logan, et al (eds) A companion to heritage studies. UK. Wiley Blackwell

Sistem Penilaian

Matrik Penilaian

  • Presensi 5%
  • Keaktifan diperkuliahan 10%
  • Tugas Mingguan 20%
  • Ujian Tengah Semester 30%
  • Ujian Akhir Semester 35%

Peer-Assessment

Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.

  • Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
  • Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
  • Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
  • Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
  • Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
  • Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.

Umpan Balik Mahasiswa