Metode Penelitian Kualitatif

Deskripsi

Mata kuliah Metode Penelitian Antropologi membahas tentang metode ke dalam penelitian antropologi, khususnya metode penelitian kualitatif. Melalui telaah pustaka dan diskusi kelas, mahasiswa peserta difasilitasi untuk secara kritis mengembangkan pengetahuan tentang paradigma dan perspektif, prosedur dan metode penelitian antropologi, observasi, analisis data lapangan, dan referensi etnografi. Kuliah ini diselenggarakan dengan bentuk penelitian kolaboratif antar mahasiswa. Mata Kuliah ini menerapkan pembelajaran berbasis Project Based dengan bobot penilaian Aktivitas Partisipatif sebesar 10%, Tugas 10%, UTS 20%, dan UAS 20%.

Materi Pembelajaran

  • Kerja Penelitian Kualitatif: Ragam, Peluang dan Tantangan
  • Konstruksi Desain Riset
  • Penerapan Metode Kualitatif
  • Presentasi Hasil Kerja Penelitian Kualitatif

Referensi

Pustaka Utama

  • Atkinson, P., Coffey, A., Delamont, S., Lofland, J., & Lofland, L. (2001). Handbook of ethnography. SAGE Publications Ltd
  • Aunger, R. (1995). On Ethnography: Storytelling or Science? Current Anthropology, 36(1), 97–130.
  • Boellstorff, Tom, Bonnie Nardi, Celia Pearce, and T. L. Taylor. 2012. Ethnography and Virtual Worlds: A Handbook of Method. Princeton University Press.
  • Boas, F. (1932). The Aims of Anthropological Research. Science, 76(1983), 605–613.
  • Gerard Forsey, Martin. “Ethnography as Participant Listening.” Ethnography 11, no. 4 (December 1, 2010): 558–72.
  • Gubrium, A., & Harper, K. (2013). Participatory Visual and Digital Methods (1st ed.). Routledge.
  • Laksono, P.M. (2018). Pelatihan dan Pembelajaran Metode Riset Aksi Partisipatoris Untuk Pemajuan Kebudayaan. Jurnal Bakti Budaya.
  • Mannay, D., Creaghan, J., Gallagher, D., Marzella, R., Mason, S., Morgan, M., & Grant, A. (2018). Negotiating Closed Doors and Constraining Deadlines: The Potential of Visual Ethnography to Effectually Explore Private and Public Spaces of Motherhood and Parenting. Journal of Contemporary Ethnography, 47(6), 758–781.
  • McIntyre, Alice “Participatory Action Research” Chapter 1, 2008 Sage Publications
  • Owton, H., & Allen-Collinson, J. (2014). Close But Not Too Close: Friendship as Method(ology) in Ethnographic Research Encounters. Journal of Contemporary Ethnography, 43(3), 283–305.
  • Pink (2007)—Ch. 3: “Photography in Ethnographic Research” (pg. 65-95)
  • Pink, S. (2014). Digital–visual–sensory-design anthropology: Ethnography, imagination and intervention. Arts and Humanities in Higher Education, 13(4), 412–427.
  • Stoller, P. (1989). Sound in Songhay Possession. In The Taste of Ethnographic Things: The Senses in Anthropology (pp. 101–112). University of Pennsylvania Press.
  • Taussig, Michael. 2011 I Swear I Saw This: Drawings in Fieldwork Notebooks, Namely my Own. Chicago: University of Chicago Press.
  • Tedesco, D., & Tranquada, F. (2013). The Moderator’s Survival Guide: Handling Common, Tricky, and Sticky Situations in User Research. 1st edition Burlington: Elsevier Science

Pustaka Pendukung

  • Luvaas, B. (2019). Unbecoming: The aftereffects of autoethnography. Ethnography, 20(2), 245–262.
  • Vindrola-Padros, C. (2021). Contents. In Rapid Ethnographies: A Practical Guide (pp. Vii-Ix). Cambridge: Cambridge University Press.
  • Faubion J., Marcus G. (Eds.). (2009). Fieldwork is not what it used to be: Learning anthropology’s method in a time of transition. Cornell University Press.
  • van den Scott, L.-J. K. (2018). Visual Methods in Ethnography. Journal of Contemporary Ethnography, 47(6),
    719–728.

Sistem Penilaian

Matrik Penilaian

  • Aktivitas Partisipatif 20 %
  • Project 40%
  • UTS 20 %
  • UAS 20%

Peer-Assessment

Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.

  • Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
  • Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
  • Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
  • Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
  • Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
  • Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.

Umpan Balik Mahasiswa