Menulis Etnografi

Deskripsi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penulisan etnografi yang tepat serta mengenal perkembangan tulisan ilmiah etnografis abad ini. Mata kuliah ini ditujukan untuk membangun keterampilan membuat tulisan ilmiah secara etnografis dan kesiapan skripsi mahasiswa. Mata Kuliah ini menerapkan pembelajaran berbasis Kombinasi Case Method dan Team Based Project dengan bobot penilaian kombinasi Aktivitas Partisipatif dan Hasil Proyek sebesar 15% dan 25%, Tugas 10%, Quiz 10%, UTS 15%, dan UAS 15%.

Materi Pembelajaran

  • Memahami apa itu menulis etnografi dengan membaca karya ilmiah etnografi dari sumber jurnal yang terpercaya.
  • Latihan menulis etnografi dari data lapangan.
  • Menempatkan data lapangan dengan tinjauan pustaka dan kerangka teori yang sudah ada.

Referensi

Pustaka Utama

  • Van Maanen, John. 2016. Tales of the field: on writing ethnography. Chicago: University of Chicago Press.
  • Tsing, Anna Lowenhaupt. 2021. Mushroom At The End Of The World: On The Possibility Of Life In Capitalist Ruins. [S.L.]: Princeton University
  • Emerson, Robert M., Rachel I. Fretz, and Linda L. Shaw. 2020. Writing Ethnographic fieldnotes. Chicago: The University of Chicago Press.

Sistem Penilaian

Matrik Penilaian

  • Keaktifan 15%
  • Tugas 20%
  • Kuis 10%
  • Presentasi 25%
  • UTS 15%
  • UAS 15%

Peer-Assessment

Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.

  • Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
  • Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
  • Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
  • Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
  • Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
  • Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.

Umpan Balik Mahasiswa