Konflik dan Integrasi

Deskripsi

Mata kuliah ini mengajak mahasiswa melihat dengan perspektif konstruktif terkait konflik dan integrasi. Studi ini akan berguna dalam meneliti kasus-kasus konflik etnis dan agama di tingkatan internasional. Semuanya bertujuan untuk menciptakan sebuah teori kekerasan yang dapat diaplikasikan namun yang paling penting kuliah ini diharapkan untuk dapat mencoba mengurai secara teoritis semaksimal mungkin kekerasan dan konflik yang seringkali terjadi belakangan ini dan di masa yang akan datang.

Materi Pembelajaran

  • Gambaran umum mengenai manusia dan dinamika konflik
  • Akar, aktor konflik sumberdaya
  • Akar, aktor, eskalasi dan dampak konflik antar etnis
  • Pendekatan manajemen konflik
  • Persoalan dan resolusi konflik

Referensi

Pustaka Utama

  • Schmidt, E. Bettina & Schröder, w. Ingo (2001). Anthropology Of Violence And Conflict. London: Routledge.
  • Sen, Amartya. (2007). Kekerasan dan Ilusi tentang Identitas. Tangerang: Marjin Kiri.
  • Van Klinken, G. A. (2007). Perang Kota Kecil: Kekerasan Komunal dan Demokratisasi di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Scott, James C. (1992) Domination and the Arts of Resistance. Yale University Press.
  • Susan, N. (2012). Negara Gagal Mengelola Konflik: Demokrasi dan Tata Kelola Konflik di Indonesia. Sleman Yogyakarta: Kopi.
  • Rusdiana, Dr. H.A. (2015). Manajemen Konflik. Bandung: Pustaka Setia

Pustaka Pendukung

  • Jurnal-jurnal relevan tentang konflik dan integrasi.

Sistem Penilaian

Matrik Penilaian

  • Hasil Proyek (Team Based Project) 50%
  • Tugas 10%
  • Quiz 10%
  • UTS 15%
  • UAS 15%

Peer-Assessment

Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.

  • Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
  • Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
  • Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
  • Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
  • Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
  • Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.

Umpan Balik Mahasiswa