Antropologi Pendidikan
Sekilas
Kode Modul
ANT61114
Total SKS
3
Semester
V
Frekuensi
Ganjil
Tipe
Perkuliahan
Kuota Kelas
35
Durasi
16 pertemuan
Beban Studi
119 jam
Tatap Muka
35 jam
Mandiri
42 jam
Deskripsi
Setelah menempuh matakuliah Antropologi Pendidikan, mahasiswa dapat memahami, menerapkan konsep dan prinsip-prinsip studi kritis terhadap fenomena-fenomena antropologi pendidikan. Mata Kuliah ini menerapkan pembelajaran berbasis Team Based Project dengan bobot penilaian Hasil Proyek sebesar 50%, Tugas10 %, Quiz10 %, UTS 15%, dan UAS15 %.
Materi Pembelajaran
- Mahasiswa mampu memahami konsep dasar Antropologi Pendidikan
- Mahasiswa dapat menerapkan teknik studi kritis terhadap fenomena Antropologi Pendidikan
- Mahasiswa dapat menerapkan teknik penulisan hasil studi kritis atas fenomena Antropologi Pendidikan
- Mahasiswa dapat melaksanakan teknik penelitian lapangan dan menganalisis data-data studi kritis di lapangan
Referensi
Pustaka Utama
- https://www.researchgate.net/publication/320322205_Pandangan_dan_Konsep_Pendidikan_Ki_Hadjar_Dewantara
- https://www.thriftbooks.com/w/to-understand-is-to-invent_jean-piaget/646631/#edition=1856201&idiq=13130314
- https://www.amazon.com/Pedagogy-Freedom-Democracy-Perspectives-Dedicated-ebook/dp/B00EN6KWO6/ref=sr_1_2?qid=1692859951&refinements=p_lbr_one_browse-bin%3APaulo+Freire&s=digital-text&sr=1-2
Pustaka Pendukung
- https://www.google.com/search?client=firefox-b-e&q=+The+Responsibility+of+Parents+for+the+Education+of+Their+Children%3A+A+Foucauldian+Analysis+of+the+School+Education+Act%2C+1999+Hardcover+%E2%80%93+January+1%2C+2006+by+Wayne+S.+McGowan+%28Author%29+See+all+formats+and+editions
- https://www.amazon.com/Teachers-Professional-Responsibility-Roehampton-Teaching/dp/1853461628
- https://www.amazon.com/Education-Government-George-1824-1896-Anthony/dp/1361984031
- https://store.ums.ac.id/buku/politik-kebijkan-pengmabangan-kurikulum-di-indonesia.html
- https://www.amazon.com/Quality-School-William-Glasser-M-D/dp/0060952865
- https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=719488
- https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/2489
- https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3356
- http://jonuns.com/index.php/journal/article/view/1259/1253
- https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=642905
- http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=1016
- https://edeposit.perpusnas.go.id/collection/buku-saku-undang-undang-tentang-guru-dan-dosen-sumber-elektronis/118239
- https://kmedia.co.id/pendidikan-dan-perubahan-sosial/
Sistem Penilaian
Matrik Penilaian
- Aktivitas Partisipatif 10 %
- Project based 40%
- Kuis 10%
- UTS 20 %
- UAS 20 %
Peer-Assessment
Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.
- Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
- Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
- Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
- Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
- Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
- Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.
Umpan Balik Mahasiswa
![](https://antropologi-fib.ub.ac.id/wp-content/uploads/2024/03/Course-Questionnaire-Survey-Result_page-0041-1024x576.jpg)