Sistem Ekonomi dan Kebudayaan
Sekilas
Kode Modul
ANT61146
Total SKS
3
Semester
III
Frekuensi
Ganjil
Tipe
Perkuliahan
Kuota Kelas
35
Durasi
16 pertemuan
Beban Studi
119 jam
Tatap Muka
35 jam
Mandiri
42 jam
Deskripsi
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep manusia dan kebudayaan Indonesia dalam proses pembentukkan keanekaragaman dan proses akulturasi kebudayaan Indonesia serta perkembangannya dalam rangka membangun kesadaran tentang nilai-nilai budaya bangsa Indonesia.
Materi Pembelajaran
- konsep dasar dan karakteristik antropologi dan sejarah teori antropologi.
- konsep kebudayaan, konsep individu, masyarakat dan kebudayaan
- Wujud kebudayaan dan tujuh unsur kebudayaan
- Metode Penelitian antropologi dan praktek penelitian sederhana
- Pengembangan kajian Antropologi yang spesifik
Referensi
Pustaka Utama
- Chris Hann and Keith Hart. 2011. Economic Anthropology: History, Ethnography, Critique Ch 1. Introduction: Economic Anthropology.
- James G. Carrier. 2022. A Handbook of Economic Anthropology. Part 1 Introducing economic anthropology
- Hann, Chris. 2006. The gift and reciprocity: perspectives from economic anthropology in Handbook of the economics of
giving, altruism and reciprocity - Mauss, M. 2011. The Gift: Forms and Functions of Exchange in Archaic Societies. Eastford, CT: Martino Fine
- Chris Hann and Keith Hart. 2011. Economic Anthropology: History, Ethnography, Critique. Ch. 4 The Golden Age of
Economic Anthropology. pp. 55 – 70 - Sairin, S., Semedi, P. and Hudayana, B., 2002. Pengantar Antropologi Ekonomi
- Karim, Lamia. 2011. Microfinance and Its Discontents: Women in Debt in Bangladesh, NED-New edition., 95–132.
University of Minnesota Press, 2011. Ch 4 “The Social Life of Debt - Hart Keith, Ortiz, Horacio. 2014. The Anthropology of Money and Finance: between Ethnography and World History
- Maurer, Bill. 2015. How Would You Like to Pay? Ch 2 What is money
- Rahman, Aminur. 1999. Women and Microcredit in Rural Bangladesh: An Anthropological Study of Grameen Bank
Lending. Ch 1 Introduction pp 1-21 - Wahono, Francis X, dkk. 2012. Pancur Kasih Credit Union Movement. Ch 2. History of Credit Union Movement in
West Kalimantan - Karim, Lamia. 2008 Demystifying Micro-Credit: The Grameen Bank, NGOs, and Neoliberalism in Bangladesh
- Julien‐François, Gerber. 2013. The Hidden Consequences of Credit: An Illustration from Rural Indonesia
- Hayes, Lauren A. 2013. The Hidden Labor of Repayment: Women, Credit, and Strategies of Microenterprise in Northern
Honduras
Pustaka Pendukung
- Geertz, Cliffort (1997) Kebudayaan dan Agama. Yogyakarta: Kanisius
- Alfian (ed) (1985) Persepsi Masyarakat Tentang Kebudayaan. Jakarta: Gramedia.
- Atmosudiro, Sumijati dan Marsono (ed) (2005) Potret Transformasi Budaya di Era Global. Yogyakarta: Unit Pengkajian dan Pengembangan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.
Sistem Penilaian
Matrik Penilaian
- Keaktifan kelas 10%
- Tugas kasus dan proyek penelitian 30%
- Tugas 15%
- Quiz 10%
- Ujian Tengah Semester 10%
- Ujian Akhir Semester 25%
Peer-Assessment
Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.
- Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
- Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
- Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
- Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
- Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
- Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.