Metode Penelitian Etnografi

Deskripsi

Setelah menempuh mata kuliah metode penelitian etnografi, mahasiswa dapat memahami, menerapkan konsep dan teknik penelitian etnografi (wawancara mendalam dan observasi partisipasi) dan melaksanakan secara langsung di masyarakat dan menganalisis data etnografi. Mata Kuliah ini menerapkan pembelajaran berbasis Kombinasi Case Method dan Team Based Project dengan bobot penilaian kombinasi Aktivitas Partisipatif dan Hasil Proyek sebesar 10% dan 40%, Tugas 10%, Quiz 10%, UTS 15%, dan UAS 15%.

Materi Pembelajaran

  • Mahasiswa mampu memahami konsep dasar penelitian etnografi
  • Mahasiswa dapat menerapkan teknik wawancara mendalam
  • Mahasiswa dapat menerapkan teknik observasi partisipasi
  • Mahasiswa dapat melaksanakan teknik penelitian lapangan dan menganalisis data etnografi di lapangan

Referensi

Pustaka Utama

  • Sluka, Jeffrey A. and A. C. G. M. Robben (eds) (2007). Ethnographic Fieldwork: An Anthropological Reader. USA: Blackwell Publishing Ltd
  • Geertz, Clifford. (1974). Tafsir Kebudayaan. Pustaka Pelajar
  • Murchison, Julian M. (2010). Ethnography Essentials: Designing, conducting and presenting your research. San Francisco: Jossey-Bass
  • Eriksen, Thomas Hylland. (2001). Small Places, Large Issues: An Introduction to Social and Cultural Anthropology (Second Edition). Pluto Press: London & Sterling Virginia
  • Hammersley & Atkinson. (2007). Ethnography: Principles in practice. Londong & New York: Routledge
  • Fine, Gary Alan & Corey M. Abramson. (2020). Ethnography in the Time of COVID-19; Vectors and the Vulnerable. Etnografia e Ricerca Qualitativa Special Issue (July 2020)

Pustaka Pendukung

  • Jorgensen, Danny L. 1989. Participant Observation: A Methodology for Human Studies. London: Sage Publications.
  • Spradley, James P. 1980. Participant Observation. US.
  • Spradley, James P. Metode Penelitian Etnografi.
  • Ahimsa Putra; Heddy Shri. Esei-esei Antropologi: Teori, Metodologi dan Etnografi. 2006. Yogyakarta: KEPEL PRESS

Sistem Penilaian

Matrik Penilaian

  • Aktivitas Partisipatif 10 %
  • Project Based Learning 40%
  • Tugas 10%
  • Quis 10%
  • UTS 15 %
  • UAS 15 %

Peer-Assessment

Persentase kontribusi mahasiswa diambil dari nilai yang diberikan anggota kelompok kepada anggota kelompok yang lain (peer-assesment) terkait kontribusi dalam proses pengerjaan tugas dari awal hingga akhir.

  • Skor 100% jika anggota yang dinilai berpartisipasi penuh dari awal hingga akhir
  • Skor 75% jika anggota yang dinilai berpartisipasi aktif meski beberapa kali kurang terlibat
  • Skor 50% jika anggota yang dinilai berpartisipasi meski sering tidak terlibat
  • Skor 25% jika anggota yang dinilai hanya muncul di awal/tengah/akhir saja
  • Skor 0% jika anggota yang dinilai tidak terlibat sama sekali
  • Nilai persentase kontribusi mahasiswa adalah jumlah total penilaian peer-assesment dibagi jumlah anggota kelompok yang menilai.

Umpan Balik Mahasiswa