Kuliah Tamu Praktisi dan Studi Lapang Antropologi Kesehatan

Selasa, 6 Juni 2023 mahasiswa Antropologi berkesempatan mengunjungi RSJ Radjiman Wediodiningrat Lawang dan Museum Kesehatan Jiwa dalam rangka Kuliah Tamu Praktisi dan Studi Lapang Antropologi Kesehatan. Kegiatan dimulai dengan makan siang di Ruang Arjuno, kemudian pembukaan oleh MC, selanjutnya acara dibuka dengan sambutan dari Dosen pengampu Antropologi Kesehatan, Siti Zurinani, M.A. yang dilanjutkan sambutan dari dr. Amalia Indah. Setelah selesai memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian Plakat sebagai bentuk kenang-kenangan dan dilanjutkan foto bersama.

Kemudian kuliah tamu dimulai dengan diisi materi oleh dr. Ika Nur Farida, Sp.KJ,M.Sc, materi yang disampaikan sangat menarik, dimana terkait tentang kesehatan Jiwa, tingkat-tingkat gangguan jiwa, dan sebagainya.Antusias dari mahasiswa-mahasiswi pun juga sangat terlihat pada saat tanya-jawab. Tak terasa materi dan sesi tanya-jawab berlalu, kemudian ditutup materi yang diberikan dr. Ika. Selanjutnya, kami berlanjut keliling RSJ yang didampingi oleh Ibu Tursina Andriani, berkeliling ke ruang inap pasien, mulai dari ruang inap VVIP hingga yang biasa.

Selesai berkeliling RSJ, kami lanjut ke tujuan akhir yaitu Museum Kesehatan Jiwa, di dalam museum ini mahasiswa-mahasiswi mengeksplor secara mandiri mengelilingi museum. Di dalam museum dipajang beberapa alat bantu dalam penyembuhan dan tokoh dunia kesehatan jiwa. (FA)